Monday, 13 March 2017

Pengertian Pasar. Pasar adalah tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi jual beli barang atau jasa. Menurut ilmu ekonomi, pasar berkaitan dengan kegiatannya bukan tempatnya. Ciri khas sebuah pasar adalah adanya kegiatan transaksi atau jual beli. Para konsumen datang ke pasar untuk berbelanja dengan membawa uang untuk membayar harganya. Stanton, mengemukakan pengertian pasar yang lebih luas. Pasar dikatakannya merupakan orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk berbelanja, dan kemauan untuk membelanjakannya. Jadi, dalam pengertian tersebut terdapat faktor-faktor yang menunjang terjadinya pasar, yakni: keinginan, daya beli, dan tingkah laku dalam pembelian.

Dalam pasar faktor produksi ada beberapa hal yang membedakan dengan pasar komoditas. Perbedaan tersebut di antaranya:
  1. Pihak yang melakukan penawaran adalah pihak rumah tangga konsumen.
  2. Pihak yang melakukan permintaan adalah pihak rumah tangga produsen.
  3. Bagi rumah tangga konsumen (pemilik faktor produksi), harga faktor produksi adalah merupakan pendapatan yang disebut dengan istilah sewa, upah, bunga dan keuntungan.
  4. Bagi rumah tangga produsen pengeluaran untuk mendapatkan faktor produksi disebut biaya.
  5. Barang atau komoditi yang diperjualbelikan adalah faktor produksi. Jadi dengan demikian pasar ini memiliki ciri yang berbeda dengan pasar barang secara umum.
Sedangkan pasar mempunyai tiga fungsi  yakni: fungsi distribusi, fungsi pembentukan harga, dan fungsi promosi. Dalam aktifitas distribusi, pasar berfungsi memperpendek jarak antara konsumen dengan produsen dalam melaksanakan transaksi. Pasar juga bertindak dengan mempermudah penyaluran barang dan jasa dari produsen kepada konsumen. Pasar berfungsi sebagai pembentuk harga pasar, yakni kesepakatan harga antara penjual dan pembeli. Kemudian fungsi promosi merupakan peranan pasar yang sering dilihat, dapat dilakukan dengan cara memasang spanduk, membagikan brosur, membagikan sampel dan lain - lain.

Sedangkan dari wujudnya, pasar dibagi menjadi pasar konkret dan pasar abstrak. Pasar konkret adalah pasar yang lokasinya dapat dilihat secara langsung. Dan komoditasnya tersedia di pasar tersebut. Sedangkan pasar abstrak ialah pasar yang lokasi dan transaksinya tidak dapat dilihat langsung. Sering kali dilakukan melalui telepon, internet dan media lainnya.

Tinggi rendahnya harga ditentukan oleh interaksi yang terjadi antara penjual dan pembeli. Karena pasar membolehkan terjadinya evaluasi harga. Hal ini menjadi studi utama ekonomi dan telah membentuk beberapa teori dan model tentang kekuatan pasar dasar penawaran dan permintaan.








0 comments:

Post a Comment

jangan lupa komentar